Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil (Vitamin dan Mineral)

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil (Vitamin dan Mineral) - Saat sedang mengandung, sebenarnya Anda tidak perlu makan terlalu banyak seakan-akan untuk dua orang. Faktanya, Anda hanya perlu menambahkan sekitar 300 kalori tambahan, yaitu kira-kira setara dengan sebuah pisang dan semangkok sereal dengan susu rendah lemak. Konsumsilah makanan dalam porsi yang sedikit, tapi dengan intensitas yang lebih sering


Wanita hamil memang membutuhkan nutrisi dan vitamin serta asupan gizi lebih baik dari biasanya. Hal ini disebabkan, ia tidak hanya memenuhi kebutuhan nutrisi untuk dirinya sendiri melainkan juga dengan calon bayi. Nah, di bawah ini merupakan nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil dan penting untuk dicukupi.

Berikut ini adalah beberapa kelompok makanan dan minuman yang disarankan untuk dikonsumsi, beserta dengan manfaatnya:

1. Air mineral
Air mineral merupakan unsur penting yang bermanfaat untuk mengantar nutrisi dari makanan yang Anda konsumsi kepada bayi di dalam kandungan. Kurang minum air dapat menyebabkan bayi lahir prematur. Minum cukup air juga dapat mencegah hemoroid, konstipasi, pembengkakan berlebihan, dan infeksi kandung kemih.

Selama masa kehamilan, Anda disarankan untuk mengonsumsi kurang lebih 2,5 liter (setara dengan 10 gelas) air dalam sehari. Cairan ini juga bisa didapatkan dari makanan seperti buah dengan kadar air yang tinggi, jus, atau susu. Namun perlu diingat bahwa beberapa minuman seperti minuman ringan dengan kadar gula yang tinggi dapat menyebabkan hipertensi atau kenaikan berat badan.

2. Sayur-sayuran dan buah-buahan
Sayur-sayuran dan buah-buahan adalah komponen utama pola makan sehat bagi ibu yang sedang hamil. Disarankan untuk mengonsumsi setidaknya lima porsi sayur-sayuran dan buah-buahan berbeda tiap hari untuk mendapatkan aneka vitamin, mineral, serta serat. 

3. Kalori
Selama kehamilan konsumsi kalori haruslah bertambah dikisaran 300-400 kkal perharinya. Kalori yang di dapat haruslah berasal dari sumber makanan yang bervariasi, dimana pola makan 4 sehat 5 sempurna harus sebagai acuannya. Baiknya, 55% kalori di peroleh dari umbi-umbian serta nasi sebagi sumber karbohidrat, lemak baik nabati maupun hewani sebanyak 35%, 10% dari protein dan sayuran serta bisa dilengkapi dengan buah-buahan.

4. Asam folat
Kebutuhan asam folat selama kehamilan meningkat sebanyak 400-600 mikrogram per hari dapat dipenuhi dari jeruk, sayuran hijau, susu kedelai, roti, dan sereal yang difortifikasi.

5. Zat besi (fe)
Zat besi memiliki peran penting dalam pembentukan sel darah merah. Anjuran asupan per hari adalah 30 mg, khususnya saat usia kehamilan trimester dua dan tiga. Sumber zat besi antara lain bayam, brokoli, bokcoy, semangka, aprikot kering, jus tomat, kismis, tofu, tempe, kentang, jus prune, kacang hijau dan kacang kedelai, bulgur, serta minyak wijen.

6. Kalsium (ca)
Berguna untuk membentuk tulang dan gigi janin. Saat usia kehamilan masuk trimester tiga, janin akan memakai sekitar 25-30 gram kalsium dari tubuh ibunya. Upayakan asupan kalsium ibu minimal 1200 mg per hari. Sumber kalsium di antaranya melinjo, brokoli, pokcoy, kedelai, aneka macam selada.

Ibu Hamil dengan Kondisi Tertentu

Ibu hamil yang sedang mengidap kondisi penyakit tertentu disarankan untuk memerhatikan pola makannya untuk menghindari kondisi yang memburuk.

Diabetes Gestasional
Diabetes gestasional adalah istilah untuk diabetes yang terjadi pada wanita hamil. Berikut ini adalah pola makan yang perlu diperhatikan oleh ibu hamil pengidap diabetes gestasional:
  • Makan secara teratur dengan mengonsumsi karbohidrat berindeks glikemik rendah untuk menjaga kadar glukosa dalam darah tetap stabil di antara waktu makan.
  • Batasi konsumsi makanan dan minuman berkadar gula tinggi.
  • Konsumsi lebih banyak buah dan sayuran, terutama yang mengandung lemak tidak jenuh seperti avokad, kacang-kacangan.
  • Pilih daging tanpa kulit.
Mengalami diabetes ? Langsung saja konsumsi Jelly Gamat QnC obat herbal multikhasiat, tidak perlu khawatir obat yang satu ini sangat aman sekali dikonsumsi semua jenis umur dan paling hebatnya lagi sangat aman sekali bagi ibu hamil jadi anda bisa mengkonsumsinya

Hipertensi
Ibu hamil yang mengidap hipertensi perlu mengonsumsi cukup makanan kaya dengan potasium, kalsium, dan magnesium seperti kacang-kacangan, ikan laut, avokad, sayur bayam, pisang, dan susu. Tekanan darah juga dapat diturunkan dengan mengonsumsi buah-buahan dan sayuran kaya dengan serat. Ibu hamil dengan hipertensi juga disarankan untuk menjalani diet rendah garam dan menghindari konsumsi alkohol yang dapat memicu meningkatnya tekanan darah.

Nah itulah tips dan informasi yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat,

Baca juga Artikel kesehatan lainnya :

Cara Mengobati Penyakit Ginjal Bocor 
Vig Power Capsule obat kuat untuk pria agar kuat dan tahan lama

Nutrisi Penting Untuk Ibu Hamil (Vitamin dan Mineral)

Postingan terkait: